Singkatan ISP : Apa Itu ISP ? dan jenis jaringannya

Singkatan ISP : Apa Itu ISP ? dan jenis jaringannya

Singkatan ISP :  Apa Itu ISP ? dan  jenis jaringannya


Kamu mungkin pernah mendengarkan istilah ISP, namun kamu tidak tahu singkatan ISP itu apa ? pada artikel ini kita akan membahasnya. Internet merupakan hal pokok yang harus ada untuk menunjang peralihan bisnis anda ke digital. 

Di tengah gelombang digitalisasi bisnis yang dilakukan banyak korporasi, infrastruktur untuk menunjang digitalisasi bisnis perlu diperhatikan. Internet menjadi salah satu fasilitas yang wajib dimiliki oleh perusahaan saat ini. Kehadiran internet di kota-kota padat aktivitas bisnis memang sangat diperlukan. Selain untuk kebutuhan digitalisasi, internet juga diperlukan sebagai  faktor utama kelancaran komunikasi antar divisi dan perusahaan.


Apa itu ISP ? Singkatan ISP dan jenis jaringan internet

Singkatan ISP adalah internet service provider, atau dalam arti yang lebih umum adalah Penyedia layanan internet. Internet Service Provider merupakan sebuah perusahaan  yang menyediakan layanan internet atau sejenisnya. Terdapat berbagai macam jenis layanan internet yang disediakan oleh ISP. Layanan internet tersebut tersedia untuk pengguna perumahan atau penggunaan untuk keperluan bisnis.

Jenis Jaringan Internet

Sedangkan jaringan internet yang ditawarkan terdapat 2 jenis yaitu Fiber Optic dan wireless. Keduanya sama-sama diminati oleh pengguna internet dengan kekurangan dan kelebihannya. Seperti yang kita ketahui, kebutuhan akan koneksi internet saat ini sangat penting baik untuk kebutuhan perumahan/pribadi ataupun untuk kebutuhan bisnis. Tentu dari masing-masing kebutuhan tersebut, terdapat berbagai macam detail kebutuhan koneksi internet.

Misal untuk kebutuhan perumahan, Koneksi internet di skala perumahan tentu di sesuaikan dengan kebutuhan pengguna perumahan pada umumnya. Provider-provider internet biasanya menyediakan layanan internet dengan sistem bandwidth shared/ Up to. Hal ini dikarenakan kebutuhan perumahan/pribadi hanya untuk sebatas browsing, streaming, dan gaming. bandwith Shared dianggap sudah cukup meng-cover kebutuhan koneksi internet bagi pengguna rumahan.

Sedangkan untuk keperluan  bisnis, lebih cocok menggunakan bandwidth dengan sistem dedicated dengan rasio 1:1 dimana setiap user akan mendapatkan bandwidth sesuai kecepatan yang di pesan. hal ini melihat kebutuhan akan koneksi internet yang cepat dan stabil untuk aktivitas bisnis. Seperti yang kita ketahui, aktivitas bisnis yang sering kali melakukan upload dan download berkas kantor dengan ukuran file yang besar. Dibutuhkan bandwith besar untuk meng-cover aktivitas tersebut agar tanpa hambatan.

Bagi anda pemilik bisnis yang menginginkan koneksi internet yang cepat dan stabil, yang mampu meningkatkan produktivitas bisnis anda, anda perlu dengan cermat memilih ISP yang tepat sebelum melakukan penginstalan dan berlanggan. pastikan layanan internet yang disediakan mampu meng-cover kebutuhan bisnis anda dengan baik. pelajari terlebih dahulu kebutuhan bisnis anda, lalu carilah ISP yang benar-benar memiliki layanan premium untuk koneksi intenet bisnis anda. Jangan sampai salah memilih ya.