Pengertian Artificial Intelligence dan contohnya

Pengertian Artificial Intelligence dan contohnya




 Pengertian Artificial Intelligence dan Contohnya


Pengertian Artificial Intelligence atau biasa disingkat dengan AI disebut sebagai kecerdasan buatan. Kecerdasan buatan atau  Artificial Intelligence berasal dari Bahasa Inggris, yaitu dari kata Artificial dan Intelligence. Intelligence berarti cerdas sedangkan artificial artinya buatan. 


Pada tahun 1950-an teknologi Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan ini sudah  mulai dikenal. Berikut definisi, jenis, penerapan hingga contoh dari kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI). 


Di era sekarang kecanggihan teknologi sudah mulai banyak diterapkan di berbagai bidang. Bahkan manfaat dari kecanggihan teknologi begitu sangat terasa. Manusia dimanjakan dengan kecanggihan teknologi yang begitu mudah di akses. Salah satunya adalah penerapan dari Artificial Intelligence  (AI) atau kecerdasan buatan. 



Pengertian Artificial Intelligence Menurut Ahli

Menurut Sutojo (2011) dalam buku Kecerdasan Buatan, menyebutkan bahwa definisi Artificial intelligence atau kecerdasan buatan merupakan mesin yang mampu berpikir, mempertimbangkan tindakan yang akan diambil dan mampu mengambil keputusan seperti halnya yang dilakukan oleh manusia. 


Secara umum Kecerdasan buatan (AI) mengarah pada teknologi yang mampu membuat mesin menjadi “cerdas”. Dalam pengembangan dan penelitiannya, kecerdasan buatan atau AI ini dioptimasi, ditingkatkan dan mereplikasi atau meniru kecerdasan manusia yang mampu menganalisis dan mengambil keputusan untuk dapat berpartisipasi dalam organisasi yang menerapkan AI. 


Awal mula Artificial Intelligence (AI)

Kecerdasan Buatan (AI) atau Artificial Intelligence pertama kali ditemukan sejak tahun 1950 oleh Alan Turing. Seorang Alan Turing mengungkapkan bahwa sebuah mesin dapat berkomunikasi dengan cukup baik untuk meyakinkan seorang manusia.  


Alan turing sebagai pionir AI dan ahli matematika awalnya melakukan sebuah percobaan. Adapun percobaanya yaitu sebuah terminal komputer ditempatkan pada jarak jauh. Salah satu ujung terminal terdapat software AI sedangkan diujung terminal lainnya ada seorang operator komputer. Terjadilah sebuah komunikasi dan saling merespon. Sehingga disimpulkan jika mesin dapat membuat seseorang percaya bahwa dirinya dapat berkomunikasi dengan orang lain maka mesin tersebut dikatakan cerdas. 


Jenis-Jenis Artificial Intelligence (AI)

Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan memiliki empat jenis. Adapun  keempat jenis tersebuat adalah sebagai berikut : 


Reactive Machine

Jenis ini merupakan AI yang paling sederhana. Cara kerja dari tipe AI ini adalah menanggapi situasi yang sama dengan cara yang persis sama setiap saat. Salah satu contoh dari jenis ini adalah mesin yang dapat mengalahkan pemain catur dunia karena di program untuk mengenali bagian catur, menggerakkan, dan memperkirakan pergerakan selanjutnya dari setiap pemain.

 

Limited Memory

AI jenis ini adalah mesin AI yang dapat melihat masa lalu akan tetapi tidak dapat melalukan penyimpanan memori. Contoh AI tipe ini adalah kendaraan yang bisa bergerak sendiri. Kendaraan ini bisa memutuskan dan mengganti jalur.


Theory of Mind

AI jenis ini merupakan mesin yang dapat mengenali bahwa orang lain yang berinteraksi dengannya memiliki pikiran, perasaan, dan harapan. Sehingga dapat memahami pikiran, perasaan, dan harapan orang lain. Selain itu dapat menyesuikan tingkah laku. 


Self-Awarness

Mesin AI tipe ini memiliki kesadaran diri. Ini menunjukkan bahwa mesin ini memiliki kesadaran akan diri sendiri, mengetahui keadaan internalnya dan dapat memperkirakan atau memprediksi perasaan orang lain. AI tipe Self-Awarness ini merupakan jenis AI hasil pengembangan AI Theory of Mind. 


Perbedaan Artificial Intelligence (AI) dan Kecerdasan Alami 

Berdasarkan definisi dan jenis AI yang hampir menyerupai kecerdasan alami manusia tersebut ada beberapa perbedaan diantara keduannya. Berikut beberapa perbedaan kecerdasan buatan dengan kecerdasan alami berdasarkan masing-masing kelebihannya. 


Kecerdasan buatan 


1. Bersifat permanen

Kecerdasan buatan tidak dapat mengalami perubahan selama sistem komputer dan program tidak mengubahnya.


2. Lebih mudah diduplikasi atau digandakan dan disebarkan

Jika dibandingkan data yang terletak pada sistem komputer dapat disalin dari dan dipindah dengan mudah dari satu komputer ke komputer lainnya. Berbeda dengan perpindahan pengetahuan dari satu orang ke orang lain yang membutuhkan proses. Selain itu keahlian dari satu orang ke orang lain tidak dapat dengan mudah di gandakan secara lengkap dan sama persis.


3. Lebih murah, cara kerja lebih cepat, dan hasil yang lebih baik

Penyediaan layanan komputer lebih murah jika dibandingkan dengan mendatangkan seseorang untuk mengerjakan pekerjaaan tertentu dalam jumlah dan jangka waktu tertentu.


4. Dapat didokumentasikan.

Keputusan yang dibuat oleh komputer dapat didokumenasikan dengan mudah. 


Kecerdasan Alami 

1. KreatifManusia memiliki kemampuan untuk menambah pengetahuan.

2. Memungkinkan menggunakan pengalaman secara langsung

3. Pemikiran manusia dapat digunakan secara luas



Contoh Artificial Intelligence (AI) dalam kehidupan

Seperti yang telah disebutkan pada bagian penerapan atau aplikasi AI sebelumnya. Terdapat beberapa penerapan dari teknologi AI. Adapun Contoh AI yang paling sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari adalah sebagai berikut : 


Virtual Assitant

Teknologi AI ini sangat terkenal seperti halnya Google Assistant. Virtual assistant ini dapat diajak berinterkasi selayaknya asisten pada umumnya. Dapat melakukan perintah seperti mengirim file, memutar musik, melalukan pencarian di google, membuka aplikasi, dll. 


Rekomendasi produk E-commerce

Saat membuka platform toko online biasanya menemukan rekomendasi produk. Rekomendasi produk ini merupakan salah satu contoh dari AI. Rekomendasi produk didasarkan pada pengambilan data dari interaksi yang sering kita lakukan. Misalnya pembelian produk dan pencarian produk, sehingga dari sini teknologi AI akan merespon dengan memberikan rekomendasi produk. 


Deepface Facebook

Satu lagi contoh yang sangat terkenal dari AI adalah deepface facebook. Teknologi ini dimiliki oleh facebook. Teknologi ini berfungsi mengenali wajah seseorang dari postingan foto. AI disini bekerja berdasarkan data. Adapun data tersebut adalah data orang yang sering ditandai dan orang yang direkomendasikan, sehingga sudah terlatih dan dapat mengidentifikasi wajah dari foto postingan. 

Jadi begitu banyak manfaat AI dalam kehidupan sehari-hari. Manfaatnya dapat memberikan kemudahan dan kenyamanan. Namun ada baiknya kita tidak terlalu bergantung pada teknologi AI. Tentunya harus bisa menggunakan secara seimbang. 


Aplikasi atau penerapan kecerdasan buatan, Artificial Intelligence (AI)


Kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI)  telah diterapkan di berbagai bidang baik publik, swasta, pemerintah, nirlaba maupun industri. Berikut adalah contoh dari penerapan AI 

1. Pengembangan kendaraan yang dapat menyetir secara otomatis atau menyetir sendiri oleh perusahaan otomotif

2. Mesin pencari online yang dapat merekomendasikan hasil pencarian yang diinginkan

3. Media sosial yang dapat mengenali wajah dalam foto dan menyaring berita

4. Asisten virtual menggunakan bahasa alami untuk berinteraksi dengan konsumen

5. Pemerintah dapat memperkirakan sebuah pandemi penyakit

Dalam kondisi pandemi seperti saat ini, teknologi AI juga memiliki peranan jika diterapkan dengan baik. Salah satu yang dapat di terapkan dari tekonologi AI untuk penanganan pademi covid-19 ini adalah  deteksi dini dan prediksi wabah, produksi CT scan yang dapat mendeteksi pneunomia, dan penerapan kesehatan lainnya. 


Simak Artikel Lainnya 

Referensi :

  • Dahria M. 2008. Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence). Jurnal Saintikom. 5(2) : 185-196. 
  • Mubaroq S, Insyiroh AM. 2020. Teknologi kecerdasan buatan, big data analysis dan internet of things ; potensi dan perannya dalam penanganan covid-19 di Indonesia. Jurnal Kependudukan Indonesia. 109-114. 
  • Suandi IM, Yullyan. 2017. Global Perspective : Artificial Intelligence (AI). The Institute of Internal Auditors. AS.
  • Sutojo T. 2011. Kecerdasan Buatan, Edisi pertama. ANDI OFFSET. Bandung