Flores Bajawa Kopi Perpaduan Aroma Nutty dan Tembakau

Flores Bajawa Kopi Perpaduan Aroma Nutty dan Tembakau

Flores Bajawa Kopi Perpaduan Aroma Nutty dan Tembakau


Flores Bajawa Kopi Perpaduan Aroma Nutty dan Tembakau

Kopi Flores Bajawa Perpaduan Aroma Nutty dan Tembakau | Keunikan dan identitas Indonesia tidak hanya bisa dilihat dari ragam budayanya saja. Kopi Indonesia bisa menjadi salah satu identitas lain yang bisa memperkenalkan Indonesia. Ini karena Indonesia meraih peringkat ke-3 dari seluruh negara di dunia yang berhasil men-supply kopinya ke negara lain. Bukan tanpa alasan mengapa Indonesia mampu menjadi produsen kopi terbesar ke-3, cita rasa khas kopi Indonesia memang patut dipertimbangkan.

Indonesia juga memiliki banyak jenis kopi karena dipengaruhi oleh wilayah kepulauan yang tersebar dari sabang sampai merauke. Salah satu yang sangat direkomendasikan untuk dicoba oleh para pecinta kopi adalah Kopi Flores Bajawa. Bajawa merupakan kopi yang memiliki cita rasa khas, dengan aroma yang memikat. Saat Anda mencium wangi kopinya akan ada perpaduan aroma nutty dan tembakau. Bentuk bijinya agak tebal, tingkat keasamannya pun seimbang sehingga bisa menciptakan kenikmatan tersendiri saat diseduh.

Flores Bajawa Sebuah Keunikan Budidaya Biji Kopi 

Selain dari aroma, keunikan kopi Flores Bajawa  juga bisa dilihat dari cara budidayanya. Pulau Flores yang mempunyai kandungan tanah abu gunung berapi atau andosol ini dianggap sangat ideal bila ingin membudidayakan kopi secara organik. Ya, di Flores cara organik memang masih dilakukan, dan diharapkan sih akan terus dipertahankan. Bahkan pupuk yang digunakannya pun alami tanpa ada tambahan pestisida. Karena cara organik tersebutlah membuat aroma kopi semakin memikat penciuman. Tidak heran bila kopi Flores eksistensinya sudah mendunia.

Sementara itu nama Bajawa sendiri sebenarnya merupakan nama dari sebuah Kota yang ada di Kabupaten Ngadar, NTT. Kota yang terkenal karena perkebunan kopinya. Di Bajawa terdapat jenis kopi arabika, dan ini sudah sangat terkenal sekali. Karena bentuk biji yang dihasilkan oleh perkebunan di Bajawa tebal maka teksturnya akan cenderung agak kental. Sementara itu tingkat keasaman yang sedang juga sangat friendly untuk dikonsumsi siapa saja, termasuk mereka yang punya masalah lambung.

Jadi, kalau kebetulan Anda sedang traveling ke Flores, sebaiknya sih sempatkan untuk berkunjung ke perkebunan kopi di Bajawa. Anda bisa menikmati seduhan kopi yang masih segar, atau sekedar mengeksplore bagaimana proses perkebunan organic di Bajawa. Namun sebenarnya tak perlu jauh-jauh ke Flores juga Anda sudah bisa menikmati Kopi Indonesia Bajawa. Di Indonesia ada banyak sekali kedai kopi yang memberikan pilihan been kopi, salah satunya been Kopi Bajawa.