Kopi Talua Khas Sumatera Barat Yang Mendunia

Kopi Talua Khas Sumatera Barat Yang Mendunia

Kopi Talua Khas Sumatera Barat, Kopi Indonesia Mendunia

Kopi Talua Khas Sumatera Barat Yang Mendunia | Kalau membicarakan soal kopi, Indonesia bisa dibilang sangat istimewa karena bisa menjadi penghasil kopi dan penyuplai kopi terbesar peringkat ke-3 di dunia. Lebih istimewa lagi karena jenis kopi di Indonesia sangatlah beragam. Tiap daerah memiliki jenis kopi yang khas yang berbeda dengan daerah lain.

Seperti salah satunya kopi Talua, kopi yang berasal dari tanah Minang, Sumatera Barat. Bila Anda berkunjung ke warung makan Padang, bisa dipastikan warung tersebut menyajikan Kopi Talua. Nah, karena warung makan Padang sendiri sudah tersebar luas di seluruh Indonesia, maka Anda bisa menemukan Kopi Talua di mana saja. Tak perlu datang jauh-jauh ke Sumatera Barat.

Kopi Talua Kopi Indonesia Khas Sumatera Barat

Kopi Talua Seduhan Kopi dan Campuran Telur
Arti dari kata Talua sendiri dalam bahasa minang adalah telur. Oleh sebab itulah saat disajikan akan ada tambahan telur yang dimasukan ke dalam kopinya. Untuk telur yang digunakan juga bisa telur apa saja, mau bebek, ayam atau ayam kampung. Namun yang paling sering digunakan oleh warung makan Padang biasanya telur ayam.

Tapi saat pencampurannya tidak seluruh isi telur dimasukan ya, hanya diambil bagian kuning telur saja.
Berikut cara penyeduhan Kopi Talua:
  1. Pisahkan kuning telur dari putihnya
  2. Kocoklah kuning telur sampai berbusa
  3. Tambahkan susu kental manis dan kayu manis bubuk.
  4. Tambahkan kopi, lalu tuangkan air panas.
  5. Selesai!
Mudah kan? Kalau mau mencoba, Anda juga bisa coba sendiri di rumah. Beberapa orang mungkin akan merasa khawatir dengan bau amis dari telur, tapi tenang saja dijamin tak akan ada bau amis yang tercium. Telur yang ditambahkan malah akan memberikan rasa gurih, selain itu susu kental dan kayu manis juga akan memberikan rasa manis. Rasanya pun akan lebih lama tercecap di lidah. Kalau khawatir akan merasa mual karena kuning telur, bisa juga menambahkan jeruk nipis.Sementara itu untuk biji kopinya, usahakan pilih yang mempunyai bentuk body agak tebal, dan rasa yang asam cukup tinggi.

Tapi memang yang lebih mantap adalah menikmati Kopi Indonesia Talua yang langsung disajikan oleh orang minang asli. Biarpun caranya terbilang tradisional, namun saat merasakan kopinya Anda sebagai pecinta dan penikmat akan mendapatkan keunikan rasa kopi dari metode Talua ini. Kalau belum pernah mencobanya, mending coba sekarang yuk!


Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.